top of page

Craft, activity and play ideas

Public·8 members
Hunter Lee
Hunter Lee

Melengkapi Kalimat Rumpang Reading Teks Soal Bahasa Inggris Toefl



Structure and Written Expression dalam TOEFL bertujuan untuk menguji kemampuan Anda dalam mengidentifikasi bahasa Inggris tulis yang digunakan dalam situasi formal (formal written English). Banyak ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang bisa diterima dalam komunikasi lisan, namun tidak bisa diterima atau tidak lazim digunakan dalam komunikasi tulis, apalagi yang bersifat formal. Soal Structure and Written Expression terdiri dari dua bagian, struktur kalimat (structure) dan ekspresi bahasa Inggris tulis (written expression). Structure and Written Expression terdiri dari 40 soal, terdiri dari 15 soal structure (nomor 1 sampai dengan 15) dan 25 soal untuk written expression (nomor 16 sampai dengan 40). Waktu untuk mengerjakan 40 soal ini adalah 25 menit.




Melengkapi Kalimat Rumpang Reading Teks Soal Bahasa Inggris Toefl



Pada bagian Structure Anda diharuskan mencari jawaban yang benar untuk melengkapi kalimat yang dikosongkan. Sedangkan pada bagian Written Expression, Anda diharuskan mencari jawaban yang salah dari kalimat yang digarisbawahi. Berikut ini bentuk contoh soal tes TOEFL Structure and Written Expression.


terdiri dari 15 soal yang menggunakan tipe fill in the blank. Setiap pertanyaan akan diikuti oleh 4 pilihan jawaban. Kamu harus memilih pilihan jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut.


Terus gimana dong caranya supaya bisa jago ngerjain soal Reading dengan cepat dan efektif? Tenang mas bro and sis. Berhubung tipe soal ujian UTBK Bahasa Inggris bisa dibilang 100% tipe soal Reading Comprehension, berarti secara praktis lo bisa langsung tau bahwa yang perlu lo lakukan adalah meningkatkan skill reading (membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris).


Nah ini dia hal penting yang mau gua tekankan. Baca untuk ujian itu jangan disamakan seperti lo baca kasual. Khusus untuk ujian Bahasa Inggris, bacaan itu punya tujuan, yaitu menguji kemampuan reading comprehension kita dengan durasi waktu yang terbatas, di mana hasilnya akan menggambarkan sejauh mana penguasaan kita untuk membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris. Nah, dalam konteks ujian UTBK, khususnya sesi Bahasa Inggris, biasanya durasi waktu yang tersedia akan amat sangat singkat! Itulah kenapa gua menekankan bahwa lo jangan sampai membaca bacaan teks dalam ujian seperti lo membaca novel atau koran.


Males itu emang enak, tapi males belajar UTBK Bahasa Inggris itu sama artinya dengan memupuk masalah. Buat lo yang sekarang anti banget sama yang namanya bacaan teks berbahasa Inggris, maka bersiap-siaplah untuk susah-payah menjalani kuliah yang hampir semua textbook pegangan resminya pake Bahasa Inggris. Bersiaplah karena semua bahan jurnal ilmiah, sumber materi ujian, bahkan beberapa soal ujian akan lo hadapi dengan format Bahasa Inggris. Sekarang kalo lo baru umur 17-19 tahun aja udah anti sama bacaan UTBK Bahasa Inggris, gimana lo mau survive di dunia kuliah, di dunia kerja profesional, dan di dunia komunikasi global?


Untuk bisa lebih mudah melawan kemalasan, mungkin lo bisa mulai melangkah secara perlahan. Dimulai dari hal yang sederhana seperti membiasakan googling dengan bahasa inggris atau kita juga bisa mulai baca artikel pendek yang berhubungan sama hobi kita. Kalo hobinya otomotif, ya silakan cari artikel otomotif berbahasa Inggris. Kalo lo hobi baca manga/komik online, cobalah baca manga/komik terjemahan bahasa Inggris, begitu juga dengan hobi-hobi yang lainnya. Explore aja sebanyak-banyaknya topik yang bisa lo telusuri. Intinya, gua harap mulai sekarang lo mencoba untuk membiasakan diri baca teks UTBK Bahasa Inggris. Biar pelan asal konsisten, dan lo akan menemukan manfaatnya sampai seumur hidup lo. ?


Trus gimana nih cara jawabnya? Kita lihat clues yang ada di teks. Apa sih yang disebut di paragraf ke-5 tentang semakin sering kita puasa? Yaitu ada di kalimat terakhir. Nah coba lihat pembahasannya di:


Opsi aplikasi untuk kerjakan soal bahasa inggris yang lebih mudah dan gratis adalah Google Translate. Dari waktu ke waktu, Google Translate telah mengalami perbaikan dalam mentranslatekan bahasa. Maka dari itu tak heran jika Google Translate menjadi andalan utama dalam mengerjakan soal bahasa inggris.


Mungkin ini adalah aplikasi untuk mengerjakan soal bahasa inggris dengan mudah. Karena kamu bisa mengecek kesalahan grammar pada tulisan bahasa Inggris. Jadi, ketika ada grammar yang salah, maka secara otomatis sistem akan memberitahu kesalahannya, dan menyuruhmu untuk membenarkannya. Jika kamu malas untuk nulis, kamu bisa menggunakan voice.


Bagaimana? Sudah memilih aplikasi mana yang cocok untuk membantumu dalam mengerjakan soal bahasa inggris? Pilihlah aplikasi yang dapat menunjang kebutuhanmu. Aplikasi di atas merupakan aplikasi rekomended yang bisa kamu coba. Karena rata rata aplikasi di atas tidaklah berat dan bisa digunakan di segala tipe smartphone.


Setelah mempelajari unit ini, peserta pelatihan diharapkan dapat mengembangkan tes untuk keempat keterampilan berbahasa.6.1. Pengetesan keterampilan membacaMembaca dapat dikelompokan menjadi membaca perseptif, yaitu memperhatikan komponen dari wacana yang lebih besar seperti huruf, kata, tanda baca dan sejenisnya. Membaca selektif adalah membaca berdasarkan gambar, menjodohkan, benar salah, dan respon pendek. Membaca interaktif adalah interaksi antara teks dan pembaca seperti terjadi dalam teks anekdot, narasi dan deskripsi pendek, memo, resep dan lainnya. Membaca ektensif merupakan kegiatan membaca teks yang lebih dari satu halaman termasuk artikel profesional, esei, laporan teknis, cerita pendek dan buku.Membaca perseptif dapat dites menggunakan kegiatan membaca nyaring, respon tertulis, pilihan ganda untuk pasangan minimal (minimal pairs) seperti dapat dilihat dalam contoh di bawah ini:Test takers read: Circle Same or DifferentLed let S DBit bit S DToo to S DTes membaca berdasarkan gambar dapat dilakukan dengan memperlihatkan gambar yang memiliki penjelasan tertulis dan juga diberi beberapa tugas yang harus dilaksanakan. Tes juga dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kalimat yang dipicu oleh gambar. Misalnya,Test takers hear: point to the part of the picture that you read aloud her.Test takers: see the picture and read each sentence written on a separate cards:Membaca selektif dapat dilakukan dengan soal pilihan ganda, menjodohkan, mengedit, pemberian tugas yang dipicu gambar, serta pengisian rumpang kosong. Membaca interaktif dapat dites menggunakan cloze-test, membaca impromptu plus membaca pemahaman, menemukan pikiran utama, mengetes penguasaan idioms, frase, ekspresi, idiom, penarikan kesimpulan, scanning, tatabahasa, pengabaian akan fakta, gagasan pendukung, serta kosa kata yang digunakan dalam konteks,Interactive reading dapat dites menggunakan 1) short answer tasks (pertanyaan terbuka berisi pertanyaan mengenai membaca pemahaman), 2) scanning dengan stimulus artikel berita, esei, laporan teknis, bab dalam sebuah buku, menu, lamaran kerja, table, bagan, dll), mengurutkan. Transfer informasi dapat dites dengan membaca grafik (menjawab pertanyaan yang mengandungi informasi sederhana dan langsung, menggambarkan dan mengelaborasi informasi, menyimpulkan/memprediksi informasi, membaca teks dan memilih grafik yang relevan, membaca teks dan grafik dan menafsirkan keduanya, membaca bacaan dan membuat grafik untuk mengilustrasikannya.Membaca ekstesif dapat dilakukan dengan membaca impromptu, tugas yang memerlukan jawaban pendek, mengedit, melakukan scanning, mengurutkan, mentransfer informasi, menafsirkan, meringkas dan merespon, serta mencatat dan membuat outline.6.2. Pengetesan keterampilan berbicara


Menulis intensif dapat dites dengan imla, mengubah gramatika teks (mengubah tenses, mengubah verba ke dalam bentuk pendek, mengubah pernyataan ke dalam jawaban ya/tidak, mengubah pertanyaan ke dalam pernyataan, menggabung dua kalimat menggunakan pronomina relatif seperti which, who, whose, whom, mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung atau mengubah kalimat aktif menjadi pasif. Menulis intensif juga dapat memanfaatkan gambar. Misalnya, beberapa gambar sederhana yang menunjukan tindakan diperlihatkan, peserta tes menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar tersebut. Pengetesan kosakata juga dapat digunakan untuk mengetes keterampilan menulis intensif. Misalnya, peserta tes diberi beberapa kata dan diminta membuat kalimat berdasarkan kata yang diberikan, atau menuliskan derivasi dari sebuah kata. Tes menulis intensif juga dapat dites dengan meminta siswa menyusun kata yang diberikan secara acak menjadi sebuah kalimat yang bermakna atau menyusun beberapa kalimat yang diberikan secara acak menjadi sebuah paragraf yang bermakna. Membaca intensif juga dapat dites menggunakan tugas yang menghendaki jawaban pendek serta melengkapi kalimat.


Untuk mengetes keterampilan membaca dan keterampilan menulis, jawaban untuk rumpang kosong pada soal melengkapi sebaiknya dapat ditemukan dalam bacaan atau berupa kata yang sering ditemukan yang tidak menimbulkan kesukaran dalam ejaan. Untuk mengetes grammar kadang kita membutuhkan dua rumpang kosong, namun konteks tetap harus diberikan. Misalnya,


Cloze procedure (klose tes) adalah sebuah teks yang beberapa bagian tertentu dari teks itu dihilangkan. Siswa diminta mengisi rumpang-rumpang itu dengan jawaban yang benar. Jawaban dapat berupa kata atau frase yang disediakan di atas teks atau juga tidak disediakan sama sekali. Penghilangan bagian dapat dilakukan berdasarkan rumus tertentu seperti setiap kelipatan kata tertentu (setiap 4 kata dihilangkan) atau berdasarkan sasaran kita apakah yang diteskan itu content words (work, good, yesterday, John, etc.) atau function words (at, from, under, and, etc.). Harus diingat penghilangan itu jangan sampai membuat teks kehilangan konteksnya sehingga siswa sama sekali tak mungkin melengkapinya. Untuk siswa SD, teks yang gunakan sebagai dalam teknik ini hendaknya teks yang telah dibahas dalam kegiatan belajar mengajar. Contoh tes dapat dilihat di bawah ini.


Berikut adalah pembahasan soal latihan untuk TOEFL Structure Skill 5 dan 6.1. A spacecraft is freed from friction ____ launched into space.(A) it(B) it is(C) after is(D) after it isAnalisa: kita menemukan dua verbs (is freed dan launched), artinya kalimat ini harus memiliki connector untuk menggabungkan dua klausa. Pada pilihan jawaban, hanya (C) dan (D) yang menyediakan connector. Ingat, setelah connector harus ada subject dan verb. Maka, (D) after it is adalah jawaban yang tepat di mana after sebagai connector, it sebagai subject, dan is sebagai aux verb.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page